• header2
  • header
  • header3
  • herder4

Selamat Datang di Website SMA NEGERI 1 KEDUNGREJA | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMA NEGERI 1 KEDUNGREJA

NPSN : 20300733

Jl. Raya Tambaksari Tp 212 Kedungreja Cilacap


info@sman1kedungreja.sch.id

TLP : 02805260258


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 82564
Pengunjung : 22201
Hari ini : 14
Hits hari ini : 48
Member Online : 7
IP : 54.161.77.30
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

  • TARWAN (Guru)
    2018-03-22 10:58:32

    Siapa Kita ? SMANKER, SMANKER ? Berprestasi, Unggul, Bermartabat, SMANKER Jaya

UJIAN




Ujian merupakan cara terbatas untuk mengukur kemampuan seseorang. Pelaksanaan ujian dimaksudkan untuk mengukur pengetahuan seseorang atau peserta didik. Ujian juga dijadikan sebagai alat evaluasi untuk menilai berapa jauh pengetahuan sudah dikuasai dan ketrampilan yang sudah diperoleh. (https://id.wikipedia.org/wiki)

Ujian memiliki 3 arti. Ujian berasal dari kata dasar uji. Ujian adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Ujian memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga ujian dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. (https://www.apaarti.com/ujian.html)

Dasar   : uji
Kelas   : nomina
Arti      : Ujian berarti sesuatu yang dipakai untuk menguji mutu sesuatu (kepandaian, kemampuan, hasil belajar, dan sebagainya): ujian kenaikan kelas diselenggarakan di sekolah masing-masing. (https://www.apaarti.com/ujian.html)

Dalam makalah ini, penulis akan mencoba mengkaji Ujian Hidup, secara menyeluruh, yang dimulai dari makna Ujian Hidup itu sendiri,  ayat-ayat alquran yang berhubungan dengan Ujian Hidup, hingga implikasi yang akn ditimbulkan dari Hidup dan mati sebagai ujian, Kaya miskin sebagai ujian, Kekayaan alam/ bumi sebagai ujian.

Saya mengkaji tentang Ujian Hidup ini, karena manusia dalam hidupnya tak lepas dari cobaan-cobaan/ ujian hidup dari Allah, karena banyak yang terjadi di masyarakat, mereka menyikapinya dengan kesombongan jika mereka memiliki harta/ kesenangan, dengan kesedihan dan tangisan jika saudara mereka meninggal dunia dan pesimis/ stress jika mereka diberi kemiskinan/ disempitkan rezekinya. Dan mereka menyikapinya dengan menyia-nyiakan/ tidak memanfaatkan dengan sebaik-baiknya apa yang telah Allah ciptakan di muka bumi ini.

Padahal manusia oleh Allah Swt terlahir dengan fisik yang sebaik-baiknya. Dan juga diberikan akal, untuk berfikir, berfikir tentang tanda-tanda kebesaran Allah, berfikir hikmah yang terjadi pada diri manusia itu sendiri maupun kepada orang lain dalam kehidupan sehari-hari.

Al Mulk :2

Artinya :

“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya, dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun”.

 (https://naifu.wordpress.com/2010/07/08/teknologi-dalam-perspektif-al-qur)




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas